dead poets society

HD. SAKIENAH10080005368

B

FREE YOUR MIND 

Apa sebenarnya tujuan dari pendidikan? Sistim pendidikan dewasa ini terkesan melenceng dari tujuan.

            Sistim pendidikan di Indonesia memang masih terus-menerus dievaluasi dan diperbaharui. Hanya saja, pembaharuan masih sebatas wacana. Sedang system pendidikan yang ada sekarang hanya akan melahirkan ditaktor masa depan yang miskin kreatifitas dan minim keahlian khusus.

            Hal ini karena sejak dini para pelajar diberi batasan pemikiran. Para revolusioner yang mempunyai gagasan berbeda denan penguasa dianggap pembangkang. Persis seperti yang tergambar dalam film Dead Poets Society, dimana disiplin, yang berarti patuh pada ditaktor adalah sesuatu yang benar. Tidak ada hal yang benar kecuali yang tertulis di buku teks yang kolot. Selalu seperti itu, lurus, sesuai tradisi.

            Ironisnya, pembunuhan kreatifitas seperti itu justru dianggap waja dan masuk akal. Lihat saja, para orang tua murid yang bangga jika putranya mematuhi semua peraturan sekolah yang trus-menerus mengdikte mereka.

            Karena itulah, para pemikir bebas itu membuat forum yang mereka sebut dead poets society. Tempat dimana mereka bis mengekpresikan diri dan menyampaikan ide engan merdeka. Keluar dari kediktatoran berkedok disiplin. Karena terkurung terlalu lama didalamnya akan mendatangkan hal yang buruk. Seperti stress, depresi hingga bunuh diri.

            Seperti itulah yang seharusnya dilakukan oleh para pelajar. Jangan mau hanya dijadikan sebagai robot pendidikan yang terus-menerus dijejali teori dan pemikiran masa lalu.ciptakan forum yang bias menjadi wadah untuk mengaktualisasikan diri dengan hal-hal yang diminati. Bukankah sudah banyak contoh yang berhasil. Dari forum sastra, seseorang dapat menyampaikan idenya kepada orang lain hingga bias mengubah dunia lewat puisi atau buku. Melalui musih, seseorang dapat menghentikan perang. Atau Dedi Miswar yang membuat para penonton film Naga Bonar lebih mencintai negerinya. Atau para mahasisiwa pemikir yang terus menyebarkan idealisnya melalui media fotocopi-an.

            Tidak semua forum revolusioner illegal. Tak perlu membuat organisasi bawah tanah yang membahayakan. Kecuali jika keadaannya sangat sulit seperti pada film Dead Poets Society.

            Forum apapun yang bias mambebaskan jiwa. Biarkanlah para penutu ilmu ini menghirup udara kebebasan berfikir dan berpendapat seperti yang telah didengungkan Negara ini, yang prakteknya terkadang membingungkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: