Penjual Mangga Musiman

Sekarang ini banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual segala bentuk macam baik itu makanan, ataupun alat perlengkapan rumah tangga. Sama halnya dengan salah seorang pedagang di pasar Gede Bage, pak Didin yang biasa dipanggil oleh pelanggan yang sering membeli mangganya. Dengan pengalaman yang sudah 5 tahun berjualan mangga, Beliau sudah bisa memenuhi kebutuhan pribadinya sampai mengirimkan uang kepada keponakannya yang ada dikampung. Laki-laki yang berumur 35 tahun ini mengatakan bahwa mendapatkan mangga dari Bandar ataupun agen yang ada di gede bage itu sendiri. Dengan bermodalkan usahanya sebesar 1,5 juta sudah bisa mendapatkan 5 kwintal sampai 7 kwintal mangga untuk dijual kembali, Pak Didin biasanya mengambil mangga dari agen dua minggu sekali. Bila buah mangga belum panen, maka pak didin biasanya berjualan jeruk, duku dan mangis untuk menunggu datang panennya mangga. mulai berjualan dari jam 7 pagi sampai dengan jam 6 sore, itupun kalau tidak hujan kata, pak Didin.
Dan biasanya pembeli mangga sore harilah yang paling banyak dibandingkan siang hari, pelanggan yang menjadi langganan pak didin kebanyakan membeli mangga pada hari libur misalkan hari minggu ataupun sabtu. selain pembeli yanga ada disekitar bandung ada banyak pula pedagang eceran yang dari jauh membeli misalkan dari bogor, ciamis, dan sekitar ujung berung. Perhari pak didin bisa menghasilkan uang 200 ribu perhari, tetapi misalkan hari libur pak didin bisa mendapatkan uang lebih dari 200 ribu bahkan mencapai 300 ribu sampai 400 ribu perhari. biasanya pak didin dalam waktu 2 minggu dapat menghabiskan 10 peti, menurutnya sekarang hanya 3 peti saja yang bisa habis terjual karena dinilai di musim hujan ini kurang banyak peminatnya. Kalau mangga yang sudah membusuk maka mangganya akan dibuang, karena dianggap tidak ada yang mau menampung ataupun mengambil untuk makan ternak pasalnya. Mangga yang baru dibeli dari agen biasanya masih bagus hanya dalam waktu 4 hari saja, lebih dari 4 hari maka mangga itu akan busuk.
Berbicara masalah Cara memperoleh tempat Pak didin mengatakan bahwa berjualan dipasar ini berdasarkan adanya izin dengan pusat pengelola dari pasar gede bage itu sendiri dengan bayaran izin dan penempatan tempat satu bulannya tiga ratus ribu perbulan dan uang kebersihan lima ribu perhari. Pak Didin merasa sudah merasa enak menjual mangga dibandingkan kerja di tempat-tempat supermarket ataupun yang lainnya.

Oleh : Yuan Tambora

Satu Tanggapan to “Penjual Mangga Musiman”

  1. QORI Says:

    hmmm, mangga ,enak juga.srllp…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: