Pemkot rencanakan SOR

sor.jpg

BANDUNG-Pemerintah Kota Bandung dan DPRD memperoyeksi untuk membangun sarana olah raga (SOR) yang representative. Lokasi yang semulai dipilh Pemrov, yakni di Ngamprah, Kab Bandung Barat sekarang, harus lepas karena bersinggungan dengan kepentingan lain menyangkut pengamanan lahan Kawasan Bandung Utara (KBU).
Berdasarkan data di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kota Bandung, rencana SOR Gedebage terletak di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage. Saat ini untuk masuk ke lokasi harus melalui jalan Cimencrang yang terletak di sebelah kanan Mapolda Jabar.
Menurut Ketua DPRD Kota Bandung Husni Muttaqin, pembangunan stadion Gedebage merupakan salah satu bukti keseriusan Kota Bandung menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI pada 2010. Sekadar diketahui, rencana pembangunan stadion di Gedebage merupakan bagian dari mega proyek Pusat Primer Gedebage (PPG) yang meliputi Kel Mekar Mulya, Kel Derwati, dan Kel Cisaranten Kidul di Kec Rancasari dan Kel Cisaranten Wetan di Kec Ujungberung,Kota Bandung.
Luas lahan yang akan dikembangkan menjadi kawasan terpadu itu sekitar 526,27 hektare. Selain stadion sebagai pusat kegiatan olahraga dan PLTS, pada tahap awal 2007 ini akan dibangun juga kawasan permukiman, terminal terpadu, dan jalan tol. Selanjutnya, secara bertahap didirikan pula rumah sakit, universitas, danau, dan berbagai fasilitas publik serta fasilitas sosial lainnya.
Dana yang dibutuhkan untuk membangun PPG diperkirakan mencapai Rp8,5 triliun. Penetapan kawasan Gedebage sebagai pusat primer Kota Bandung bagian timur tertuang dalam Rencana Tata Ruang dan wilayah (RTRW) Kota Bandung 2004–2013.
Menurut Sekretaris Kota Bandung, H. Edi Siswadi, Pembangunan SOR Gedebage secara utuh akan dikerjakan dalam tiga tahap besar yang akan berlangsung hingga tahun 2018. Tahap pertama 2007-2011, yaitu pembangunan stadion olah raga dan infrastruktur dasar, seperti fasilitas akses jalan tol (interchange) dari tol Padaleunyi ke wilayah Gedebage, pembebasan lahan, mengatasi banjir dengan pembuatan kolam retensi (penahan banjir-red), dan pembangunan venue seperti kolam renang, lapangan tenis, bulu tangkis, bola voli, sofbol, sport club, dan kolam dayung.
Fase kedua akan dilaksanakan pada 2012-2015 dengan kegiatan pembangunan yang lebih difokuskan kepada kelengkapan sarana dan prasarana, seperti pembangunan kawasan perkotaan dan fasilitas komersil lainnya. Dan Tahap terakhir 2016-2018, akan dititikberatkan kepada monitoring amdal dan pengembangan pelestarian lingkungan.
“Setidaknya stadion utama dan venue cabor lainnya yang harus dibangun lebih dulu termasuk infrastruktur dasarnya. Ini terkait dengan kesiapan Jawa Barat sebagai tuan rumah SEA Games dan Kota Bandung sebagai tuan rumah Porprov 2010. Jadi harus dimulai sekarang,” ujar Sekretaris Kota Bandung, H. Edi Siswadi.

Renan Hermanto

Satu Tanggapan to “Pemkot rencanakan SOR”

  1. Rian Nugraha Says:

    saya setuju dengan pendapat sekertaris kota bandung untuk segera membangun SOR jangan sampai masalah ini terkatung katung segeralah bertindak gimana nanti inikan untuk kepentingan masyarakat jawa barat juga PERSIB tim Dari jawa barat liat lah dari sisi positive nya dulu saya kira masyarakat jawabarat akan setuju semuanya.orang yang bisa membangun SOR pasti akan di kenang oleh masyarakat jawa barat. maka segeralah ber tindak kalau memang para PEJABAT mencintai rakyatnya. siganamah para pejabat teh teu raresepeun olahraga komo ka PERSIB geus welah ulah jadi pejabat teu cinta PERSIB = Tue cinta Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: